10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! - Karawang

Anda mungkin pernah melihat olahan sumsum kambing di mana-mana. Namun tahukah Anda, selain dagingnya yang enak ternyata susu yang dihasilkan hewan ini juga enak untuk diminum. Bukan hanya soal rasa, kandungan dan manfaat susu kambing murni bisa menjadi pengganti susu sapi maupun susu nabati.

 

Susu Kambing memiliki persentase protein, kalsium dan zat penting lainnya yang lebih besar untuk tubuh Anda daripada susu sapi, yang biasa dikonsumsi. Berdasarkan laporan United States Department of Agriculture (USDA) Berikut ini adalah kandungan nutrisi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing dan juga susu sapi. Menurut penelitian, kontras antara susu kambing vs susu sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Manfaat susu kambing adalah lembut untuk pencernaan manusia, lebih mudah dicerna dan mengandung lebih banyak prebiotik yang memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing yang murni dan turunannya lebih sulit ditemui di toko kelontong. Hal ini karena produksi kambing perah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sapi perah. Oleh karena itu, tidak terlalu mengherankan jika ambing kambing mengalami peningkatan harga jual dibandingkan susu sapi. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mengganti konsumsi susu Anda setiap hari dengan susu kambing, berikut 10 keuntungan minum susu kambing murni dan olahan yang wajib Anda ketahui:

 

1. Sumber asupan protein tinggi

Protein adalah salah satu asupan harian yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk membangun jaringan tubuh, membuat antibodi, dan merupakan sumber energi penting di samping lemak dan karbohidrat. Susu kambing memiliki kadar protein yang lebih tinggi daripada susu sapi dan susu nabati. Jumlah protein dalam susu kambing adalah 9 tetapi pada susu sapi adalah 8 gram. Jika susu nabati seperti susu kedelai mengandung protein setara 6-7 gram. susu almond memiliki 0-1 gram protein.

 

Selain itu susu kambing dapat digunakan untuk mensuplai protein harian anda sebagai pengganti susu sapi. Namun tentunya tetap dilengkapi dengan sumber protein lain seperti daging, telur bahkan kacang-kacangan.

 

2. Tingkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda? Konsentrasi mineral selenium pada susu kambing dinilai cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan imunitas, dan membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kebutuhan selenium untuk kesehatan tubuh tidak bisa dilebih-lebihkan. Karena kandungan selenium yang tinggi pada susu kambing dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap segala kondisi cuaca dan aktivitas sehari-hari. Ini juga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Segelas menu susu kambing bisa menguatkan tubuh dan membuatnya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang setelah minum susu mengalami sembelit, diare, dan sakit perut. Namun, bukannya sehat, tubuh malah lemas setelah minum susu. Paling sering, ini karena ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa dalam produk susu karena alergi susu tertentu. Susu kambing, meskipun mengandung laktosa dan tinggi protein, dianggap lebih mudah dicerna oleh pencernaan daripada susu dari sapi. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing menyebabkan risiko reaksi alergi lebih rendah daripada susu sapi. Namun, ada baiknya bagi Anda yang memiliki riwayat alergi susu untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli medis yang berpengalaman untuk memastikan keamanan anak Anda.

 

Prebiotik yang ada dalam susu kambing juga dalam asupan bakteri baik dalam saluran pencernaan agar jumlahnya tetap normal atau meningkat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Meskipun bukan hanya bahan protein, alasan utama orang minum susu adalah untuk kebutuhan tubuh Anda akan kalsium. Ini karena pentingnya kalsium dalam menjaga kesehatan tulang.

 

Seperti yang Anda lihat dari tabel perbandingan nutrisi 1 cangkir (237 ml) ambing kambing mengandung setara dengan 327 mg kalsium. Setinggi 51 mg lebih tinggi dari kalsium yang ditemukan dalam susu sapi. Karena alasan inilah menambahkan susu kambing ke dalam makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa, yaitu sekitar 1.000 mg per hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari. Sebuah studi bahkan dari tahun 2014 di Rusia menemukan bahwa 400ml susu kambing per setiap hari kepada 42 orang yang berusia lanjut diperkirakan memiliki efek positif pada metabolisme tulang. Ini juga dapat membantu menghentikan osteoporosis dengan menggabungkan terapi.

 

5. Meningkatkan kemungkinan penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang paling umum. Untuk mencegah berkembangnya penyakit jantung, ada beberapa kebiasaan baik yang harus diikuti dimulai dengan berolahraga serta memasukkan makanan sehat ke dalam diet Anda dan salah satu cara melakukannya adalah dengan menambahkan susu kambing untuk diet sehat Anda.

 

Susu kambing memiliki asam lemak tak jenuh (tunggal maupun ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat melawan berbagai jenis penyakit jantung. Selain itu, kandungan magnesium pada susu kambing juga baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus mencegah berkembangnya kadar kolesterol sehingga jantung menjadi lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk membantu mewujudkannya, penting untuk memperhatikan asupan kalsium harian. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi kalsium membantu mendorong pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

 

Dalam total penyerapan kalsium oleh tubuh, 99% disimpan dalam tulang dan gigi. Kalsium ini digunakan untuk pembentukan jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi Anda. Jika tidak ingin gigi Anda cepat rusak dan membusuk sebaiknya perbanyak asupan minuman atau makanan yang banyak mengandung kalsium. Susu kambing bisa menjadi pilihan sumber kalsium harian Anda. Jumlah kalsium dalam susu kambing cukup memenuhi 33% kebutuhan gizi harian yang dianjurkan, lebih unggul dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung linoleat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa minum susu kambing membantu menurunkan kadar kolesterol di kantong empedu dan di arteri.

 

Dengan begitu, orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi maupun yang memiliki kadar kolesterol yang terjaga dapat memiliki pilihan susu yang lebih aman untuk dikonsumsi. Manfaat lain susu kambing murni setelah mempertahankan kadar kolesterol normal adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) dan serangan jantung serta stroke.

 

8. Menjaga dan melembutkan kulit

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kecantikan kulit yang berbahan dasar susu kambing seperti sabun mandi dan lulur hingga lotion, dan lainnya. Susu kambing yang kaya akan asam laktat, asam lemak, serta vitamin A dipercaya dapat memberikan nutrisi alami yang baik untuk kesehatan kulit. Jika Anda mencari kosmetik kulit halus berbahan susu kambing bisa menjadi pilihan yang tepat. PH pada susu kambing sama dengan kulit manusia, artinya tidak akan merusak kulit dan aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

 

Selain itu, asam laktat pada susu kambing memberikan kelembapan maksimal pada kulit Anda sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Kandungan lainnya, seperti vitamin A dan asam lemak mengandung kemampuan untuk memperbaiki penampilan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Mengintensifkan penyerapan dan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari sumber makanan sehingga lebih optimal.

 

Ini tidak sebanding dengan jumlah produk susu sapi yang mengganggu kemampuan tubuh menyerap tembaga dan besi saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Sehingga dapat dikatakan konsumsi makanan yang telah dilengkapi dengan satu ons susu kambing dapat membantu penyerapan semua nutrisi yang dibutuhkannya tanpa membuang apapun.

 

10. Tidur lebih nyenyak

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Pertimbangkan untuk meminum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata dan pergi tidur.

Kandungan asam amino triptofan yang terdapat pada susu kambing membantu produksi hormon serotonin di dalam tubuh. Serotonin, hormon yang bertanggung jawab menjaga stabilitas mood selain meningkatkan relaksasi. membantu menghasilkan hormon yang disebut melatonin. Ia juga dikenal sebagai hormon tidur. Oleh karena itu, meminum satu ons susu kambing sebelum tidur dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan lebih mudah tertidur.

 

Tidak sulit untuk melihat keunggulan susu kambing murni dan produk olahannya berkat kandungan gizi yang cukup besar yang terkandung di dalamnya. Keunggulan susu kambing dibandingkan dengan susu sapi atau susu nabati juga telah dibuktikan secara klinis. Mulai dari kandungan protein, sodium kalsium, magnesium, fosfor, dan potasium, tidak ada yang bisa dibandingkan dengan susu kambing. Inilah mengapa Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan susu kambing sebagai tambahan kebutuhan nutrisi Anda di hari itu. Banyaknya manfaat susu kambing murni sangat cocok untuk semua orang yang anda sayangi untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Ini bukan hanya cara yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga dapat menurunkan risiko berbagai jenis penyakit mematikan termasuk kolesterol, serangan jantung, dan stroke. Selain melindungi dari dalam, manfaat susu kambing murni juga.

 

terlihat dari luar, berkat gigi yang sehat serta tampilan kulit yang cerah, lembab, dan kenyal yang semakin menyempurnakan penampilan Anda dalam beraktivitas. Meski mencari susu kambing murni tidaklah mudah, namun sudah ada beberapa peternakan terpercaya yang dapat memproduksi dan menjual susu kambing dalam kemasan, beku maupun bubuk. keju kambing merah dengan harga yang berbeda.

 

Harga susu kambing yang tersedia di pasaran adalah Rp. 44.000-85.000 per 200 gram untuk Susu Kambing Murni bubuk dan Rp. 6.600-10.000 per 200 ml untuk susu kambing murni kemasan atau beku. Kalau melihat harga susu kambing dengan susu sapi, sebenarnya bisa dua kali lipat lebih mahal. Namun mengingat kandungan gizi susu kambing yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi atau susu nabati, harga yang ditawarkan sebanding dengan manfaat kesehatan yang didapat.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Gerakan atas dasar prinsip sistem akuntansi bagi perusahaan

Update Macet Juwana Hari Ini, Pengendara dari Depok ke Pati, Berikut Jalan Alternatifnya

Dorper F1 sekarang Harga Domba Fullblood - Domba dorper untuk dijual